Gunung di Jawa Barat memiliki pemandangan yang sangat indah. Bahkan pesonanya mampu mengundang ribuan wisatawan untuk mendaki ke sana. Tapi di balik keindahannya tenyata gunung-gunung di Jawa Barat menyimpan cerita misteri yang tak banyak diketahui oleh semua orang.

Kejadian-kejadian mistis itu acap kali dirasakan oleh beberapa pendaki. Mulai dari penampakan yang diduga makhluk halus, tersesat, hingga bahkan hal-hal di luar nalar pernah dialami oleh para pendaki gunung di Jawa Barat. Meskipun tak banyak orang yang percaya namun kejadian ini nyata adanya.

Gunung Salak di Jawa Barat terkenal dengan kisah-kisah angker. Namun nyatanya, panorama di sana sungguh indah mencuri hati! Gunung Salak yang dikenal angker oleh sebagian besar pendaki gunung, nyatanya menyimpan pesona keindahan yang luar biasa. Meski sebagian besar jalur pendakian didominasi hutan lebat dengan vegetasi yang masih alami, tetapi jika para pendaki sudah sampai puncak akan tersaji sunset yang indah.

Sejak terjadi kecelakaan Sukhoi Superjet 100 (SSJ-100) di Gunung Salak pada tanggal 9 Mei 2012, pendakian ke gunung ini sempat ditutup untuk evakuasi korban dan puing-puing. Jika cuaca sedang bersahabat dan sedang beruntung, dapat terlihat bekas reruntuhan Superjet Sukhoi di tebing Gunung Salak.

Di puncak Gunung Salak terdapat makam Mbah Salak atau Raden KH Moh Hasan. Inilah salah satu alasan kenapa gunung ini dinamakan Gunung Salak. Warga sekitar yang ingin ziarah ke makam ini harus mendaki gunung hingga ke puncaknya.

Kisah Seram Dan Nyata Di Gunung Salak

1 Jeritan Wanita Angker

Saat pendakian saya yang kedua di Gunung Salak, saya mendengar suara perempuan yang berteriak meminta bantuan. Suaranya terdengar samar-samar seperti berteriak. “Tolong, Pak! Tolong! Tolong saya Pak!”. Konon katanya ini adalah jeritan dari korban jatuhnya pesawat Shukoi di Gunung Salak pada tahun 2012. Anehnya, suara ini saya dengar bukan di lokasi jatuhnya pesawat Shukoi, tetapi di sekitar persimpangan yang sering disebut persimpangan Bajuri.

2 Arwah Lelaki Bersorban

Terdapat beberapa makam di sepanjang kaki gunung, namun ada salah satu makam yang paling legenda. Di Puncak Manik terdapat sebuah makam, yaitu makam Mbah Salak. Saya pernah melihat lelaki yang memakai serban berada di sekitar makam tersebut. Entah penglihatan saya yang salah atau memang kenyataan, saya melihat makam Mbah Salak yang mengeluarkan asap. Beberapa orang juga pernah mengatakan bahwa di Puncak Manik ini juga sering menjadi tempat digelarnya pagelaran yang dimainkan oleh lelembut atau makhluk halus.

3 Suara Gamelan

Banyak pendaki yang membagikan kisahnya saat mendaki Gunung Salak, salah satunya adalah mendengar tabuhan gamelan yang misterius. Suaranya terdengar mengalun dengan mendayu-dayu dan mistis. Tetapi tidak ada yang pernah menemukan di mana sumber suara gamelan tersebut berasal. Waktu itu saya mendaki dengan tim yang berjumlah 6 orang. Saya mendengar suara gamelan dan ketika saya tanyakan kepada rekan yang berada di dekat saya, dia mengaku juga mendengar suara tabuhan gamelan tersebut. Saat kami turun, masing-masing dari kami menceritakan hal yang mirip tentang misteri suara gamelan tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *